Senin, 17 April 2017

KESELAMATAN DIRI DI PERAIRAN

SELF RESCUE

Adalah usaha mempertahankan diri dengan kemampuan dan sarana yang ada di sekitar, hingga datangnya bantuan.Untuk melakukan self rescue harus mempunyai kemauan dan semangat untuk mempertahankan diri dari kondisi lingkungan yang mengancam.Faktor penentu keberhasilan adalah adanya sarana di sekitar yang dapat digunakan untuk bertahan.

SELF RESCUE dengan PELAMPUNG

Jika anda terjatuh ke dalam air yang dalam menggunakan pelampung :Pertahankan wajah dan kepala tetap di permukaan air. Jika dekat boat terbalik atau benda apungyang besar ( batang kayu,papan ) naiklah untuk menghindari air.Tetap gunakan pakaian, khususnya topi. Pakaian membantu menahan panas tubuh.Rapatkan lengan atas pada tubuh dan lengan bawah bersilangan di depan dada.

POSISI HELP

HELP : Heat Escape Lessening Posture.Posisi ini digunakan seseorang dengan pelampung untuk menjaga panas tubuh di air.Tekuk lutut ke atas hingga dada.Pertahankan muka ke depan dan di luar air.


POSISI HUDLE

Pelampung digunakan untuk menjaga panas tubuh di air sambil menunggu pertolongan.Dengan dua orang,tangan merangkul satu sama lain kemudian dada berhadapan.Dengan tiga orang atau lebih,tangan saling merangkul di atas pundak.Tempatkan anakanak / orang tua di bagian tengah lingkaran. Jangan menggunakan hudle untuk bergerak di air.

SELF RESCUE TANPA ALAT

Meraih benda apung :Cari benda apapun buat alat bantu mengapung, jika dekat dengan boat naik atau berpeganganlah.Berusahalah menggembungkan pakaian dengan udara.Jangan gerak berlebihan di air yang dingin, karena hangat yang didapat hanya sebentar.Berenang hanya jika pantai dekat untuk dijangkau dengan aman.

SELF RESCUE MENGGUNAKAN PAKAIAN

Pakaian dapat digunakan sebagai alat bantu apung. Jika anda menggunakan baju lengan panjang atau jacket cobalah menjebak udara di bahu untuk membantu mengapung.

PENANGANAN KRAM di AIR

Kram adalah otot tegang tiba-tiba, biasanya di bagian lengan dan tungkai/betis yang disebabkan karena kedinginan karena berenang atau kelelahan.

KRAM di AIR yang DANGKAL

Cobalah untuk melemaskan otot dengan berhenti aktifitas atau merubah gaya renang.Luruskan posisi tangan dan kaki.Memijat di sekitar area yang sakit untuk membantu meringankan kram.

KRAM di AIR yang DALAM

Ambil nafas yang dalam, membungkuk ke depan, muka ke dalam dan mengambang.Luruskan tungkai dan tekuk engkel atau ibu jari.Pijat hingga rasa nyeri berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar