Selasa, 21 April 2020

ONE MUHAMMADIYAH ONE RESPONSE

Adalah sebuah konsep semangat satu komando relawan Muhammadiyah dalam penanganan suatu bencana.
Peran kunci konsep ini dilaksanakan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yaitu lembaga Penanganan Bencana Muhammadiyah agar semua bisa bekerja sama dalam suatu sistem dan tidak terjadi tumpang tindih.
Gerakan yang dilakukan MDMC mendapat dukungan penuh oleh LAZISMU yaitu lembaga Muhammadiyah yang menangani zakat, infak, wakaf, shadaqah dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.
Khusus dalam penanganan darurat bencana Covid-19 ini, Muhammadiyah pusat membentuk tim khusus yg diberi nama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Pembentukan ini merupakan tindak lanjut dari penugasan kepada majelis pembina kesehatan umum (MPKU) dan MDMC untuk melakukan koordinasi. Selanjutnya tim melakukan koordinasi berbagai program yang melibatkan potensi dan jejaring yang ada di Muhammadiyah.
Untuk menindaklanjuti program kerja MCCC, MDMC wilayah Jawa Tengah segera membentuk pos koordinasi yang diberi nama ICS Covid-19 Muhammadiyah Jateng (Incident Command System).
Pos koordinasi ini sifatnya sangat flexibel dalam menghadapi situasi.
Setelah melihat perkembangan situasi yang terjadi dalam penanganan wabah Covid-19 di Jateng, akhirnya ICS Covid-19 Muhammadiyah Jateng membentuk pos-pos pelayanan di setiap daerah yg ada di wilayah Jateng. Kemudian ICS Covid-19 Muhammadiyah Jateng melebur menjadi Pos Koordinasi PDB Covid-19 Muhammadiyah Jateng, dan di setiap daerah menjadi Pos Pelayanannya.
Untuk di daerah Klaten kemudian dibentuk Pos Pelayanan PDB Covid-19 Muhammdiyah Klaten.
Demikian cerita singkat terbentuknya Posyan PDB Covid-19 Muhammadiyah Klaten. Semoga dengan semangat One Muhammadiyah One Response (OMOR), Posyan PDB Covid-19 Muhammadiyah Klaten bisa memberi konstribusi terbaik pada masyarakat Klaten dalam penanganan bencana wabah virus Covid-19 ini.
****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar