Selasa, 21 April 2020

Sekilas Tentang MDMC Klaten

MDMC Klaten adalah Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Klaten
MDMC Klaten bagian dari MDMC Indonesia, dimana MDMC sendiri terbentuk berawal dari respon terhadap bencana gempa besar di Yogyakarta pada tahun 2006. Muhammadiyah membentuk tim ad-hoc dalam turut membantu penanganan bencana gempa tersebut.
Setelah serangkaian penanganan gempa di Yogyakarta tim ad-hoc bekerja sama dengan organisasi lain di dalam badan-badan Muhammadiyah turut membantu penanganan bencana alam lainnya seperti letusan gunung berapi, banjir dll.
Hal itu yang kemudian mendorong Muhammadiyah menegaskan kembali untuk menjadikan tim ini menjadi organisasi resmi di bawah dewan pusat Muhammadiyah, maka terbentuklah Lembaga Penanggulangan Bencana yang kemudian lebih dikenal sebagai Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).
Terinspirasi oleh jaringan luas Muhammadiyah di seluruh Indonesia, serta banyak daerah di Indonesia yang terdaftar sebagai wilayah potensial untuk mengalami bencana. MDMC dibentuk untuk mengatasi dampak, mendidik masyarakat, dan mencegah kerusakan di masa depan yang mungkin terjadi.
Dengan semangat kemanusiaan dan nilai-nilai Islam, MDMC berkomitmen untuk selalu membuat program penanggulangan bencana dan mitigasi bencana yang memiliki tindakan responsif dan profesional di bawah naungan dan peraturan Muhammadiyah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar